Laman

Minggu, 17 Juni 2012

Pengenalan NetBeans 7.1



Pengantar
Netbeans 7.1 merupakan sebuah software yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis JAVA dan bersifat IDE (Integrated Development Environment) yang dilengkapi GUI builder (Matisse). Dalam modul ini selanjutnya, Matisse akan digunakan untuk menyebut Netbeans GUI Builder. Tools ini sangat powerful dan produktif dalam membuat komponen GUI.
IDE adalah sebuah peralatan dalam pemrograman yang diintegrasikan kedalam aplikasi software yang mendukung pembangunan GUI, text atau penulisan kode, compiler dan debugger.
Membuat Project Baru
Untuk membuat sebuah aplikasi baru menggunakan NETBEANS, hal pertama anda harus menginstall aplikasi Java SE Development Kit and NetBeans IDE Installer ke dalam komputer anda. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Klik menu File New Project
  2. Pada pilihan Choose Project dibagian sub pilihan Categories pilih Java dan pada sub pilihan Project pilih Java Application Next

Rabu, 13 Juni 2012

Menghitung Luas Segitiga



Kali ini ane bagi tentang bagaimana menghitung Luas Segitga,, gampang sob,, tseperti biasa tinggal di Copas aja ni di bawah....

package luas.segitiga;

/**
 *
 * @author Balangsak14
 */import java.util.Scanner;
public class LuasSegitiga {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan nilai alasnya: ");
        int alas = input.nextInt();
        System.out.print("Masukkan nilai tingginya: ");
        int tinggi = input.nextInt();
        double luas = (double)(alas*tinggi)/2;
        System.out.print("Jadi Luas Segitiga adalah :" +luas);

    }
}

Menghitung Volume Tabung



Nah Kali Ini saya akan memberi sedikit ilmu tentang bagaimana Menghitung Volume Tabung,,,
yahh gampang tinggal di copas aja ni di bawah,....

package tabung;

/**
 *
 * @author Balangsak14
 */import java.util.Scanner;
public class Tabung {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        Scanner masuk = new Scanner(System.in);
        double jari,tinggi,volume;
       
        System.out.print("Masukan jari-jari tabung:");
        jari=masuk.nextFloat();
        System.out.print("Masukan TInggi Tabung:");
        tinggi=masuk.nextFloat();
        volume=3.14*jari*jari*tinggi;
        System.out.println("Volume Tabung="+volume);
    }
}

Senin, 11 Juni 2012


Pengertian dan Sejarah Java

Posted: Juni 11, 2012 inTag: Sejarah Java
0
Pengenalan Java
Apa itu Java ?
Java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming). Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.
Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP)

Sabtu, 09 Juni 2012


Cara Membuat Animasi Teks Mengikuti Kursor

Anda ingin membuat blog anda tampil menarik??? salah satunya yaitu dengan cara membuat animasi teks mengikuti kursor. Langsung aja dech kita ke pokok bahasan yaitu membuat animasi teks mengikuti kursor. Caranya adalah sebagai berikut:


1. Copy kode html/javascript di bawah ini!!!

<style type="text/css">
/* Circle Text Styles */
#outerCircleText {
/* Optional - DO NOT SET FONT-SIZE HERE, SET IT IN THE SCRIPT */
font-style: italic;
font-weight: bold;
font-family: 'comic sans ms', verdana, arial;
color: #66FF00;

Cara pasang animasi bergerak mengikuti mouse di blog


   Cara pasang animasi yang mengkuti mouse pada blog, mungkin bagi sebagian blogger sudah pada tahu deh kayanya . atau mungkin belum tahu cara memasangnya .. sebenarnya mudah kok memasang animasi bergerak pada widget blog dan ketika mouse di arahkan ke animasi tersebut .. lalu animasi tersebut mengikuti gerak dari mouse tersebut .. gmnaa keren nggak ..coba lihat contohnya nih :

                                          
Catatan !!!
Coba anda arahkan mouse pada animasi atau bisa di sebut juga widget animasi tersebut ..!!
bagaimana . laba-laba nya ngikutin kan .. kalo engga ngikutin bererti ada yang salah dengan mata anda .. heheh.PISS .

Membuat Slider Sederhana Di Java


Membuat Slider Sederhana di Java

Slider merupakan jenis inputan dimana nilai akan berubah dengan menggeser posisi penunjuk pada slider. Contoh program java berikut ini akan membuat slider sederhana dengan Java. Class yang digunakan adalah JSlider.
Berikut ini tampilan contoh program slider:
contoh-program-slider-java
Berikut ini contoh programnya:

PEMROGRAMAN DENGAN JAVA


Pemrograman dengan Java

Ari Hermawan
Java sebagai salah satu bahasa pemrograman baru menjanjikan banyak kemudahan bagi programer junior maupun senior. Tutorial ini akan membawa Anda mengenal lebih jauh bahasa ini melalui pembahasan konsep model perancangan dan petunjuk sederhana penggunaannya.

Apakah Java?

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer­­. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.

Platform Independent

Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dengan mudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer. Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrograman Internet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem operasi. Sifat ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program Java. Berbeda dengan bahasa C dan C++, semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yang konsisten di semua jenis platform. Source code program Java sendiri tidak perlu dirubah sama sekali jika Anda ingin mengkompile ulang di platform lain. Hasil dari mengkompile source code Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor yang spesifik terhadap mesin tertentu, melainkan berupa bytecode yang berupa file berekstensi .class. Bytecode tersebut dapat langsung Anda eksekusi di tiap platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter terhadap bytecode tersebut.
JVM sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas sebuah sistem operasi dan menerjemahkan bytecode program Java dan mengeksekusinya, sehingga secara konsep bisa dianggap sebagai sebuah interpreter. Proses pengeksekusian program Java dapat dilukiskan seperti di Gambar 1. Dengan cara ini, sebuah program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di platform mana saja, asalkan ada JVM di sana.
Kompiler dan interpreter untuk program Java berbentuk Java Development Kit (JDK) yang diproduksi oleh Sun Microsystems. JDK ini dapat didownload gratis dari situs java.sun.com. Interpreter untuk program Java sendiri sering juga disebut Java Runtime atau Java Virtual Machine. Interpreter Java, tanpa kompilernya, disebut Java Runtime Environment (JRE) dapat didownload juga di situs yang sama. Untuk mengembangkan program Java dibutuhkan JDK, sementara jika hanya ingin menjalankan bytecode Java cukup dengan JRE saja. Namun untuk mengeksekusi applet (sebuah bytecode Java juga) Anda biasanya tidak perlu lagi mendownload JRE karena browser yang Java-enabled telah memiliki JVM sendiri.

SINTAKS PROGRAM



Sintaks Program

Sekarang kita akan mencoba membahas elemen-elemen dalam kedua source code tersebut.
Pada awal Listing 2 kita menemukan perintah import. Pada tahap awal ini Anda perlu mengetahui bahwa pernyataan tersebut hanya berfungsi mempermudah penulisan metode atau dalam bahasa pemrograman lain disebut prosedur atau fungsi. Jadi Anda hanya perlu menulis Graphics sebagai pengganti java.awt.Graphics, karena kita telah mengimpor java.awt.Graphics.
Kemudian di masing-masing listing terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Ingat bahwa Java berorientasi objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Untuk saat ini anggaplah objek sebagai suatu item yang dapat dimanipulasi oleh sebuah program. Dalam Listing 2 terdapat tambahan kata extends. Hal ini berarti kelas yang kita buat akan mewarisi sifat-sifat dari kelas yang kita extends. Dengan kata lain kita menjadikan kelas yang kita extends sebagai himpunan bagian dari kelas kita buat.
Kemudian kita menemukan baris pernyataan public static void main(String[] args) dan public void paint(Graphics g). Keduanya adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Keduanya sebenarnya mempunyai fungsi yang sama namun dalam konteks yang berbeda. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dieksekusi. Sementara dalam applet, metode yang pertama kali akan dieksekusi ketika applet diload adalah paint. Kata public di depannya mempunyai fungsi yang sama dengan kata public yang ada di depan baris permulaan kelas. Namun nantinya Anda akan menemukan juga bentuk lain seperti private dan protect yang akan kita bahas nanti.
Pada Listing 1 terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[] args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen command line. Sementara Anda tidak perlu mengerti mengenai parameter tersebut, cukup diingat bahwa bentuk metode main harus selalu demikian.
Kemudian di dalam kedua metode pada kedua listing tersebut, kita menemukan sebuah pernyataan. Anda tentu dapat saja meletakkan lebih dari satu pernyataan dalam sebuah metode. Setiap pernyataan dalam sebuah metode dipisahkan oleh titik koma dan akan dieksekusi satu persatu. Kedua pernyataan pada listing ternyata memanggil sebuah metode lain yaitu metode println dan paint. Tentunya dapat Anda perhatikan bahwa untuk memanggil sebuah metode diperlukan tiga komponen yaitu: