Laman

Minggu, 17 Juni 2012

Pengenalan NetBeans 7.1



Pengantar
Netbeans 7.1 merupakan sebuah software yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis JAVA dan bersifat IDE (Integrated Development Environment) yang dilengkapi GUI builder (Matisse). Dalam modul ini selanjutnya, Matisse akan digunakan untuk menyebut Netbeans GUI Builder. Tools ini sangat powerful dan produktif dalam membuat komponen GUI.
IDE adalah sebuah peralatan dalam pemrograman yang diintegrasikan kedalam aplikasi software yang mendukung pembangunan GUI, text atau penulisan kode, compiler dan debugger.
Membuat Project Baru
Untuk membuat sebuah aplikasi baru menggunakan NETBEANS, hal pertama anda harus menginstall aplikasi Java SE Development Kit and NetBeans IDE Installer ke dalam komputer anda. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Klik menu File New Project
  2. Pada pilihan Choose Project dibagian sub pilihan Categories pilih Java dan pada sub pilihan Project pilih Java Application Next

  1. Beri nama Project pada bagian Project Name, simpan project pada lokasi atau folder area kerja anda dengan mengklik tombol Browse pada bagian Project Location, dan pastikan pilihan Create Main Class dan Set As Main Project dicentang atau di pilih. Perhatikan gambar di bawah ini :

  1. Kemudian klik Finish.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah form untuk meletakan komponen-komponen pembentuk aplikasi yang akan kita bangun menggunakan JFrameForm dengan langkah sebagai berikut :
    1. Pada jendela Project yang berada di samping kanan atas layar, klik kanan pada nama Project anda, kemudian pilih New JFrameForm




    1. Beri nama class untuk form yang ada buat pada bagian Class Name dan pilih dimana anda akan meletakan class yang anda buat pada bagian Package. Perhatikan gambar di bawah ini :


    1. Kemudian klik Finish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TINGGALKAN KRITIK YANG MEMBANGUN